PT SUMBER AGRO SEMESTA

PT SUMBER AGRO SEMESTA (“PT SAS”) adalah suatu perusahaan yang fokus dalam mendukung program pemerintah untuk mencapai keamanan pangan nasional.  Dalam hal ini, permasalahan utama Indonesia dalam mencapai swasembada pangan adalah tidak optimalnya penggunaan teknologi pertanian modern dan ketidakseimbangan antara kebutuhan konsumsi dan jumlah produksi.

Dalam menjalankan usahanya pada tahun 2004 PT SAS  menjalin kerja sama dengan China yaitu dengan (i) Guo Hao Seed Industry Co, Ltd untuk mengembangkan varietas produk padi hibrida dan juga dengan (ii) China Mianyang Research Institute for Agricultural Science yang menguasai pangsa pasar industri penyemaian beras yang luas di China. Atas hasil kerja sama tersebut PT SAS berhasil untuk memperkenalkan benih padi hibrida dari China untuk yang pertama kali pada tahun 2007.

Berdasarkan hasil sensus penduduk, tingkat populasi di Indonesia tumbuh sekitar 1,25% per tahun dengan jumlah penduduk kurang lebih sebanyak 240.000.000 jiwa. Sementara, produksi beras di Indonesia hanya meningkat sebanyak 216.000 ton per tahun. Tanpa penanganan yang tepat, cepat atau lambat beras sebagai kebutuhan utama pangan akan mengalami inshort karena lahan sawah produktif di Indonesia terus menurun dengan cepat (sekitar 40.000 hektar lahan sawah berubah fungsi setiap tahunnya).

Kami meyakini bahwa salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan beras tersebut adalah dengan menanam padi hibrida di lahan padi Indonesia, hal tersebut terbukti karena pada tahun 2009  produksi beras di Indonesia mampu memenuhi kebutuhan swasembada pangan. Dalam rangka memenuhi kebutuhan beras Indonesia, PT SAS berkomitmen untuk meningkatkan produksi dan pasokan varietas benih padi hibrida berkualitas tinggi dengan melakukan kerjasama secara intens dengan Lembaga Pemerintah maupun non-pemerintah, baik domestik maupun internasional, seperti : Badan Urusan Logistik (“BULOG”), Kementerian Pertanian Indonesia, Koperasi Petani, lembaga pertanian regional di Indonesia, Universitas Pertanian, Kementerian Pertanian China, dan lain sebagainya. Dalam mencapai tujuan swasembada pangan Pemerintah pada tahun 2017, PT SAS terpilih sebagai salah satu dari perusahaan yang dipercaya untuk mengeola lahan pertanian milik PT SANG HYANG SERI yang merupakan Badan Usaha Milik Negara untuk produksi benih padi hibrida pada tahun 2015.